Kamis, 14 Februari 2013

Hand Made!!! FLANEL!!! SEJARAH DI BALIK SEBUAH KARYA……




Aku punya hobi… bukan!! kali ini bukan cerita hobi main game…  
ugghhh…   p(`
へ´)q
Hobi yang kali ini sangat mengejutkan sebenernya, karena berhubungan dengan jahit menjahit, (Shichi: kalau melihat si Nana yang  kerjaan cuma main game, baca komik, nge-jreng Gitar, males-malesan…kayaknya sedikit mustahil membuat sesuatu yang agak sedikit feminim seperti ini….)  (Nana: Grrr… Oi!!! )… 
(`)

Yaa…. Yosh!!  Kerajinan tangan dari kain FLANEL atau FELT? Yah, yang mana aja, gitulah..  Banyak banget orang-orang yang menggunakan bahan ini untuk membuat prakarya. Kalau Akunya sih.. awalnnya tertarik sama Flanel gara-gara gak sanggup beli  Action-Figure/Nendoroid… bayangkan seberapa mahalnya benda itu… Ya.. ku gak punya budget khusus hanya untuk beli barang itu.. jadinya… disubtitusikan sajalah… seadanya…  ^^

Okeh~ …. Ini pengalamanku waktu ngebuat mereka……..
 
 


(31 Januari 2014) Update lagi~ ^^

Nama: Matsuoka Rin
Asal: Anime, FREE
Ukuran: T=10 cm x L=4 cm
Tingkat kesulitan: 3/5
 


Wah haha~ gak direncanakan, akhirnya aku ngebuat karakter dari Anime bertema “Renang” dengan judul FREE~
awalnya gak ada niat buat karakter cowok2 ganteng bertubuh sekseh sebenernya  (>_<)   soalnya gak bisa buat abs mereka (Ohhhookh).
Tapi karna ada temen yang ingin ia diciptakan, maka aku cobalah membuatnya, buat Rin ntu sama skali gak sulit sih, yang buat sulit ntu jaketnya aja, soalnya temenku mintanya jaketnya bisa dibuka dan dipasang (Ini keduakalinya ku buat kayak gitu setelah Animal-cap Inga).  Dan bodynya pasti, selama ini ku selalu ngebuat karakter pakai baju, kali ini mesti bisa semi telanjang…….. lalalala~
Gawat-gawat~ kalo kebiasaan buat yang semi naked gawaat~  ^^

Jujur … ku kurang puas dengan hasilnya sih *dijitak* Ahaha, kurang puasnya karna waktu untuk buatnya terlalu dikit aja, jadi ku gak bisa mempersiapkan secara matang saat membuatnya. Karna itu, aku akan berusaha lagi supaya bisa cepat naik SKILL untuk ngebuat karakter flanel yang lain lagi!!!!

BRS!!!  BRS masih ku tungguin!!! Masih mandeg!!! BRS akan segera tibaaaa~
 




(18 JULI 2013) Update lagi~ ^^

Nama: NAARUKAMI YUU
Asal: Game/Anime, PERSONA 4
Ukuran: T=10 cm x L=4 cm
Tingkat kesulitan: 3/5

Okeh, baru-baru ini akhirnya ku menyelesaikan Narukami Yuu~ ^^.
Udah lama pengen menyelesaikannya, tapi selalu terhambat karna tuntutan pekerjaan di dunia nyata! ^^
Yuu ini lumayan sulitlah buatnya (Shichi: Biasa, kalau pertama kali buat memang gitu), Yang paling Aku serius ntu pas buat rambutnya, hehehe, tau kan rambutnya ntu yang K-Pop star banget!!! Yah, kelihatan memang biasa aja rambutnya, tapi ku gak pengen menghilangkan efek rambutnya, jadi rada lama cuma buat memikirkan ide doang.
Dan awalnya ku bingung banget buat Gakuran-nya, tapi kayaknya hasilnya masih bisa diterima, walau beserakan. Ahaha~
Asik dah, dengan membuat si Narukami Yuu ini, ku perasaan ngedapetin banyak EXPERIENCES!!!

Semangat dah buat lanjut lagi!!!!! Selanjutnya pengen BRS!!!





(14 FEBRUARI 2013)
Nama                     : HATSUNE MIKU
Asal                      : Project Diva/ Vocaloid
Ukuran                  : T=12 cm x L=5 cm
Tingkat kesulitan   : 3/5

Si Miku ini, Flaneloid yang ku buat setelah buat Rin.  Aku suka banget warnanya, dan ya… seandainya ku dikasi Action figure dia…  Uwahh… bisa pingsan sejenak buat bersyukur….   (▽≦)
Yang paling sulit buat miku itu…. Rok nya!!  Masalahnya kain harus dipotong satu-satu, trus disambungin lagi supaya bisa dapet efek Rok biku. Yang paling Aku suka buatnya itu… Rambutnya!!  Kalau udah liat rambutnya kelar… ku langsung berkata  “Mikuuuu..” Soalnya rambutnya yang panjang itu kan memang ciri khasnya dia. Suka deh buat Miku, waktu Bazar tahun 2012, Ku bisa ngebuat Miku sampai 20 karakter dalam waktu 2 minggu. Tapi Prototype tetep disimpan. Soalnya hasil pertama itu, walau jelek tetap the Best!

 

 

Nama                     : KAGAMINE RIN&LEN
Asal                      : Project Diva/ Vocaloid
Ukuran                  : T=10 cm x L=5 cm
Tingkat kesulitan   : 2/5

Awalnya, untuk Project Diva, Aku ngebuat si Rin, alasannya dia ntu Imuuut banget! ^^
Bisa dibilang ngebuat Rin dan Len ini gampang menurutku (Tergantung Mood juga sih). Habis buat Rin baru dah Aku buat Miku, setelah itu baru Len.
Buat Rin dan Len itu OK banget dah perasaannya, mereka berdua memang kembar, yang membedakan, baju dan rambut… ku senang banget pas ngebuat mereka berdua, Sinkronisasinya sangat tinggi, dan Aku sangat suka dengan Sinkronisasi…  ^^   dan warna mereka tuh memang enak banget dipandang mata… rata-rata sih karakter dari Vocaloid desainnya memang keren-keren, jadi kalau direalisasikan ke media apa aja, jadinya juga OK.

 

Nama                     : MEGURINE LUKA
Asal                      : Project Diva/ Vocaloid
Ukuran                  : T=12 cm x L=5 cm
Tingkat kesulitan   : 3/5

Wah haha, Luka ini lumayan “tricky” buatnya… Awalnya Aku bingung gimana bgebuat asesorisnya. Awal ngebuat dia ku sempat  OFF beberapa hari gitu, tidur-tiduran berfikir gimana ngebuat dia… yang sulit ngebuat dia ntu… Asesorisnya!! Itu, Bros yang ada di dadanya. Akhirnya cara Aku ngebuat Luka sedikit banyak berevolusi *kayak dinosaurus dah* Dan semakin lama, pas udah tau gimana cara ngebuatnya, Akhirnya jadi gampag dah,  tapi kalau disuruh buat nih, Ku lebih milih Miku atau si Kembar Kagamine dah   ^^
Luka buatnya gampang, tapi banyak kerjanya .


 

Nama                     : KAMUI GAKUPO
Asal                      : Vocaloid
Ukuran                  : T=15 cm x L=5 cm
Tingkat kesulitan   : 4/5

Gakupo, Alasan Aku ngebuat dia karena Adekku suka banget, Adekku juga suka warna ungu dan terong…     ヽ(゜▽、゜)ノ      Yah setelah ku pandangin, Akhirnya ku jadi suka juga. Ngebuat si Gakupo ini… Uwah…. Ampun dah, gak… bukannya mustahil, tapi banyak banget kerjanya, dan harus satu-satu nyiapinnya,  baru di gabungin semua Parts yang udah dibuat tadi, karena itu Aku buat tingkat kesulitannya 4/5… Ribet dah, Asesorisnya lebih banyak dari Luka. Tapi pas liat dia udah jadi… Ahh.. rasanya neraka telah terlewati…   

 

Nama                     : MOKONA MODOKI (BLACK)
Asal                      : XXXHolic/Tsubasa Chronicles
Ukuran                  : T=10 cm x L=5 cm
Tingkat kesulitan   : 2.5/5

MEKYO~    Ku suka banget ama XXholic, dan ngeliat Yuko dan Watanuki selalu ditemani oleh “MOKONA” ini… dan akhirnya Aku jadi tertarik untuk ngebuatnya. Wah haha, Alasan Aku ngebuat tingkat kesulitan 2.5 soalnya, buat mokona ini gampang, gak ribet, dia Cuma bulat gitu aja, dan asesorisnya juga gak banyak, tapi satu aja, Ukuran mokona ini kan lebih gede dari semua karakter yang ku buat, jadinya tambahin 0.5 dah buat lama menjahitnya.     (;´`)















http://youtu.be/iIAHfRhyG0w



Dan karena udah terlanjur suka banget, ku sampai ngebuat tempat HP nya MOKONA, yang ide awalnya pengen ngerasain HP-ku keluar dari mulutnya pas Aku minta (Imajinasi menggila).     


(^^)丿

 
 

Nama                     : PORING
Asal                      : Game, Ragnarok
Ukuran                  : T=3 cm x  L =4 cm
Tingkat kesulitan   : 2/5

Wah haha… Akhirnya mulai ada sentuhan Game nih… Aku kan sering main Ragnarok, jadi suka banget ngeliat monster level1 (aku bilangnya “MOLENE” alias Monster Level One) si Poring. Awalnya Aku punya wallpapernya gitu, dan semakin diliat semakin imut, Akhirnya dibuat dah, dengan bebagai macam ekspresi kayak di wallpapernya juga. Buatnya simple sih, yang rada ribet buat mulut dan matanya, kan ukurannya kecil, jadi musti pakai ekstra energy, supaya pas merekatkannya. Rencana mau buat banyak gitu, tapi cepat boring juga, soalnya bentuknya gitu doang, tapi ku memang ada rencana buat yang agak gedean biar bisa di gendong kemana-mana.

 

Nama                     : INGA
Asal                      : Anime, UnGo
Ukuran                  : T=10 cm x  L =5 cm
Tingkat kesulitan   : 3/5

Si Inga ini udah gak ada di tangan ku lagi sih, soalnya ini Aku buat untuk temenku yang minta buatin, tapi beneran dah, ku tertantang banget untuk buat dia. Mulai dari Animal Cap-nya aja, ku berhari-hari mikirin gimana pasnya, dan Akhirnya ku buat  Panda-cap itu bisa di  buka-pasang. Dan sarung tangan yang nyambung ke Panda-capnya juga lumayan ribet dan karena ukurannya kecil, ku jadi musti ekstra hati-hati supaya kainnya gak lepas. Oh ya, dari semua karakter yang ku buat menggunakan Flanel, ku paling suka buat Rambut mereka, termasuk si Inga ini. Buat rambut ntu keren banget dah, serasa nyalonin karakter-karakter ini, pas rambut mereka udah siap, ku buat rambutnya bisa di gaya-gayain gitu (nyalon itu ternyata hobi terpendamku). 

 

Nama                     : SōSHI MIKETSUKAMI
Asal                      : Anime, Inu   x    Boku
Ukuran                  : T=12 cm x  L =5 cm
Tingkat kesulitan   : 4/5

Sulit!!  Membuatnya sangat sulit!!  Gi dan Hakama yang iya pakai sangat sulit membuatnya, Ekornya juga, Ku musti berkalkulasi waktu nge-gunting buat ekornya (biasanya ku asal gunting aja). Uwah, sangat tertantang pokoknya.  Tapi Aku senang banget buat rambutnya, dan ditambah telinganya,  jadi semakin Imut. Oh!!  Dan buat kakinyaaaa~~   Ini pertama kalinya Aku ngebuat karakter pakai sandal doang, jadi Aku beneran puter Otak untuk membuatnya, supaya hasilnya natural dan gak Nampak hasil tempelan, dan Aku lumayan puas dengan hasilnya, walaupun tetap gak puas untuk buat yang lebih bagus ( well, manusia itu makhluk serakah)

 

Nama                     : KAZAMORI
Asal                      : Anime, Ungo
Ukuran                  : T=25 cm x  L =17 cm
Tingkat kesulitan   : 3/5

Ah, ini stuff doll kedua setelah Mokona yang pernah ku buat..  karena mau buatin temen makanya Aku coba untuk membuatnya…… ^^
Susah sih enggak, Cuma karena ukurannya gede(Ini lagi)… Ahaha… iya ku males ngejait yang gede-gede sih… ^^  bukannya gak pinter ngejaitnya, Ku cepat bosen kalau melakukan hal yang sama selama 30 menit gak berhenti selain main game..  Tapi setelah liat hasil jadinya,  uwah, gak sia-sia dah ngabisin waktu buat jaitnya.
si Panda yang ku ketahui bernama Kazamori ini, masalah pada pembuatan matanya, temenku nyuruh buat cari Kancing segede seperti yang di gambar, Akunya bingung mau cari dimana tuh kancing, gilak aja… cari dimana??? Akhirnya aku buat aja dari Flanel juga, tapi Aku tumpukin biar Nampak tebal, wah haha.. Yah, Akhirnya masalah selesai…  ^^  dan Aku juga sempat diskusi sama yang minta buatin ini tentang ekornya si Kazamori, setauku panda asli kan warna ekornya Hitam nih, Tapi si Kazamori ini ternyata warna ekornya putih~

 

Nama                     : Harvestmoon Characters
Asal                      : Game, Harvestmoon Back to Nature
Ukuran                  : N/A
Tingkat kesulitan   : 4/5

Nah ini dia… Game lagi, dan ini memang favoritku!!  Sebegitu terobsesinya sama Harvestmoon, ku akhirnya kesampaian juga ngebuat  Si karakter utama dan Ternak serta tumbuhannya!!  Susahnya sih Cuma karena buat banyak aja.. Ini pertama kalinya Aku ngebuat banyak karakter dan dijadikan di satu biorama.
yang paling Aku suka buatnya ntuh si Sapi, mereka imut deh, trus yang paling Aku gak pinter buatnya ntu si Domba.. wah haha, AKhirnya dia kelihatan kayak gumpalan kapas doang.  Lumayan lama sih Aku ngebuatnya, gara-garanya sibuk main gamenya………………. Rencananya juga ku mau buat yang dari Harvestmoon lain, kayak yang dari The tale of two towns, soalnya kan karakternya udah beda dari yang lama… jadi pengen jadinya buat yang karakter baru.



 Nama                    :
NEKU SAKURABA
Asal                      : Game, The World Ends With You
Ukuran                  : T=10 cm x L=4 cm
Tingkat kesulitan   : 3/5





Ini karakter terakhir yang ku buat belakangan ini, alasannya, ku udah sibuk kerja dan Banyak game menunggu………. Wah haha..  (*´▽`*)
Si Neku ini pun sempat terbengkalai beberapa saat, soalnya ku juga kekurangan warna bahannya…dan seperti di gambar, warnanya agak kurang pas sama yang asli, ku udah cari kemana-mana, tapi gak ketemu warna yang pas, Akhirnya ngebuat dari warna yang hampir mirip aja. Ngebuat Neku lumayan gampang, soalnya ukurannya juga gak segede karakter yang lain, dan terkesan kurus, jadi gak perlu banyak makan Dakron…. Karena dia kurus… (*´з`)
Aku suka banget sama gamenya (entah sudah berapakali diulang kalimat ini)… karena suka jadinya semangat buat karakternya, karakter yang lain juga OK, udah Aku masukin ke List juga sih.. tapi itu tadi… Waktu.. ^^
Yah, Aku harap bakal ada waktu lebih buat menyelesaikan semua karakter impianku…

Kalau kalian gimana? Punya hobi yang bertolak belakang dengan karakter kalian????? Kalau ada berarti ku gak sendiri.. wah haha~

Yoshaaa~~  Jadi makin semangat melanjutkan Hobi ini!!

 
 
 
















Share:

33 komentar:

  1. Have you ever thought about publishing an ebook or guest authoring on other sites?

    I have a blog centered on the same ideas you discuss and would really like to have you share some stories/information.
    I know my readers would value your work. If you're even remotely interested, feel free to send me an email.

    Check out my blog - anti cellulite treatment

    BalasHapus
  2. kerennn, jadi banyak ide untuk membuatnya,,,,
    thank you....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh agan Pembuat Prakarya flanel juga kah?? ^^
      Dalam waktu dekat mungkin tutorialnya akan menyusul... ^^

      Hapus
  3. Kereeeen!!
    Buat tutorialnya dong, please ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^^
      iya..udah ada niat dan rencana Mba Elf (uwoh...^o^)

      Hanya waktu yang belum mengizinkan...
      thanks udah terserempet sama blog ini... ^^

      Hapus
  4. Kereeeen!!!
    Buat tutorialnya dong, please ^^

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. ^^ matanya ya? di print aja, pakai kertas foto yang glossy, biar greget, XD

      Hapus
  6. keren banget, detail..mirip sama aslinya !! :D tutorialnya pliiiiisss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^^ nasib gak sanggup beli nendoroid mbak, jadi dimirip-miripin... XD

      Oke dah, niat udah ada, tapi waktu belum mengizinkan...
      kecewa kan kalau tutorialnya setengah2...
      terimakasih udah nyungsep ke sini mbak~ ^^

      Hapus
  7. bagus2 nee-san handcraft-nya, apa sudah coba dipasarkan ke luar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipasarkan ya? ada sih yang ngeborong... Cosplayer dari semarang *semoga dia gak baca ini* ^^
      yang aku buatin ke dia... Kazamori, shoshi, sama inga...oh L juga... dan ku sebatas minta uang bahan sama ongkir aja...gak bisa dibilang dipasarkan juga sih...

      Oh, pernah ikut bazar juga... tapi gak buat yang karakter detail kayak yang di post... ^^ ntah kenapa sayang nge-jualnya.. apa saiko-san pembuat kerajinan flanel juga?? aku kenal cuma 1 orang yang ngebuat karakter anime kayak gini (anak semarang) dan dia hebat banget...

      Hapus
  8. uuuaaaawaaa di jual donk (> v <)
    bisa dapet duit itu kalo misal ada festifal kyk AFA ID (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakaka~ si agan ini~
      AFA ntu kan acara resmi gan, yang aku buat itu kan gak resmi, yang ada ntar ditangkap sekuriti kita berdua, lalu dijebloskan ke penjara... XD

      Thanks udah mampir ya gan~

      Hapus
  9. Haloo salam kenal~
    Aku kebetulan ketemu blog ini pas mau bikin flanel Mokona Modoki..dan ternyata dirimu sudah berhasil membuat karya flanel yg mnurutku luar biasa!!
    Liat2 karya handmade flanelnya bikin greget sendiri...pengen bisa bikin Megurine Luka sama Yuu Narukami :'O

    Request tutorialnya bisakah? hehe ;p

    Aku baru trtarik sama flanel..tapi udah kepengen bisa bikin karakter2 imut dari game kayak Chocobo atau Jack Frost (Shin Megami Tensei). Ada referensi yg bisa dibagi ga utk tips/triknya?

    BalasHapus
  10. Makasih Nurul, salam kenaal~ karna Flanel jadinya nyungsep ke sini yak.... ^^d

    Yup, ku buat Mokona Hitam/putih dan tekun buat Flanel Karakter dari tahun 2010 ^^ (awalnya buat Karakter Sugho chara) namun setelah ikut Event Anime, dan nonton penampilan Vocaloid tahun 2011, Jadinya tangan gatel pengen buat Project Diva. ^^

    Ku waktu ntu udah coba buat Tutorialnya.... cuma.... pas aku susun2 langkah-langkahnya.... semuanya berantakan, dan masih aku fikirkan bagusnya gimana, Ntar aku coba2 lagi yak, soalnya ini lagi buat sistem ngebut, lagi menuhin kuota buat Bazar sampai akhir tahun ini. ^^

    Tips dan trick dari aku ya...Aku juga butuh sih... tapi kalo dari yang aku jalani dan liat beberapa tahun ini......
    Pastinya buat sesuatu dari Flanel itu untuk bersenang-senang, bukan tuntutan.

    1. Bekas Lem
    Banyak aku liat para pembuat kerajinan Flanel, yang karyanya bagus-bagus, tapi bekas lem masih berserakan(bukan berarti aku gak, karna aku banyak bekas lem makanya ku juga sadar), jadi saranku, kalu mau hasilnya agak bagus dan rapi, lem yang berbekas sebisa mungkin dihilangkan, dengan cara digunting atau ditimpa (kalau bisa), soalnya kalo bekas lemnya keliatan banget, kesannya terlihat gak rapi.

    2. Jahitan
    Usahakan jarak antara lubang jahitan yang satu sama berikutnya dihampirsamakan, maksudnya, kalau jaraknya berdekatan, untuk yang berikutnya jangan dijarangkan, gitu juga sebaliknya, hasilnya bakal rapi, dan bakal ancur kalau kebalikannya. ^^

    3. Menggunting
    Usahakan waktu ngegunting itu jangan berhenti pas setengah potong, apalagi motong secara dikit-dikit, (maksudnya mandeg-mandeg gitu), kain Flanel ini (apalagi pas dapet yang tipis) seratnya banyak, jadi kalau motongnya sering mandeg, bakal gak rapi potongannya, seandainya udah terlanjur kepotong kayak gitu, mulailah dirapikan lagi (serat2 yang keluar di trim), aku yakin hasilnya bakal lebih rapi. dan yang pasti gunting harus tajam.

    4. Niat dan semangat, Trial dan Error
    Pastinya niat harus kuat, XD semangat juga harus ada.... dan selalu Trial jangan takut Error, kegagalan ntu serpihan untuk menumpuk keberhasilan.

    Yak, semangat ya~
    Dan silahkan kasi pendapatnya tentang hasil kerja ku yak, dan kalau boleh bisa liat juga Hasil karya Nurul, soalnya aku gak bakal maju kalo gak dapet kritik Positif.

    dan kalau ada waktu jalan-jalan ke sini ya, biar bisa berbagi... ^^d
    https://www.facebook.com/ChubaRakuCorner

    sekali lagi makasih udah mampir~

    BalasHapus
  11. sumpah... keren banget... cuma bisa nganga ngeliat karyanya OoO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih gan, sama! ku juga bingung kok bisa gitu....
      0_0

      Hapus
    2. Bua bua bua D:
      pinjem tangan~
      betewe, itu kok pada bisa berdiri gitu ya, kakinya digimanain ini ngejahitnya?

      Hapus
    3. Nih *ngelempartangan*
      ( °∀ °c彡))Д´)

      Kalo pas buat kakinya beneran sama tingginya, pasti bisa berdiri, yah walau gak terlalu kuat juga, kesenggol ya jatuh juga... (*´▽`*)

      Thanks ALE, udah mampir untuk liat pos ini sekalian minjem tangan, he he
      (ヾノ・ω・`)

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    5. Ngetik pake tangan tetangga..... (>_<)

      Kayaknya dia emang kayak kaki gimana????????

      Ya sama, ku juga buat kaki yang manjang gitu aja, cuma disamain aja tingginya, dan lebih banyak pake lem ketimbang jait. ^^d

      Hapus
  12. nana-chan... tolong dong tutorial ama pola buat bikin hatsune miku.. >< soalnya klo beli mah.. gk ada yg jual di tempat aku.. please pola ama tutorialnya ><... :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo... Karna sekarang Chubaraku Corner udah resmi buka, kayaknya gak etis nih kalo aku kasi tutorial buatnya, jadi kalo mau dan berkenan silahkan langsung ke Page Chubaraku aja yak,

      ini form pemesanannya, tulis aja Hatsune miku di nama Item.
      http://chubarakucorner.blogspot.co.id/p/form-pemesanan.html

      Thanks udah mampir yak. ^^d

      Hapus
  13. Gilakkkk.. keren banget. Jadi terinspirasi dehh.. makasih kak.. btw kak,, matanya buat vocaloid itu pake kertas print /sticker/flanel juga??? Mohon cepat dibalas ya kak ^^ terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  14. Gilakkk kaa.. ini keren banget.. btw itu matanya vocaloid pake kain flanel juga atau pake kertas print gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kertas yang diprint sob ^^d
      trims udah singgah yak

      Hapus
  15. Kak mau tanya itu buat kepalanya di pisah atau di satuin sama badanya.kalau di pisah nyatukan badanya itu di jahit atau di lem saya tunggu tutorialnya kak!!!☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepala ama badannya pisah kok ^^
      Nyatuin badannya dilem.
      Trims udah nyamperin yak~

      Hapus