Kamis, 04 Januari 2024

SLICE OF MY LIFE [Pekerja di dalam Container]

Hyahooooo~ Akhirrrnyaaaa aku bisa posting lagiii~

Tapi jujur ini ngebuatnya di tempat kerja pas ada waktu luang dikit, dan gak dalam waktu sehari juga.


Sumpah pengen banget akunya bahas game, tapi bahannya ketinggalan di laptop rumah, oh iya jadi sekarang aku lagi gak di Pulau Batam, sekarang ini aku lagi ikut project, Ini bukan pertama kalinya aku ke luar pulau untuk kerja tapi kali ini frekwensi pulang ke Batam memang gak bisa sering.

Well kali ini mungkin aku bikin beda kali yak, mungkin nge review hidupku sehari-hari pas kerja, tapi memang agak nge-doxing hidupku sih sebenernya Ahaha. 

Well aku ceritain yang sebisa aku buka ya, mungkin hal-hal umum tentang pekerjaan Project On Shore ataupun Off shore khususnya buat cewek, gimana sih? Apa sih keluh kesahnya? Enak gak kerja di dalem container? Yang kayak gitu kali ya yang aku bakal bahas, semoga bisa jadi cerita menarik buat kalian para-para pekerja kantoran 9 to 5, hehe.

Untuk kerja di project yang bisa dibilang besar ya, hal pertama yang paling penting itu udah pasti Kesehatan, yup kalian harus sehat guys.

Kalian pasti pengen ngehujat kan, kayak: lah semua orang harus sehat kalo mau kerja, well gini, kalo kerja di Project biasanya lebih ketat lagi soal Kesehatan, kamu punya kolesterol tinggi itu di komen. Gula darah tinggi di komen, wajib di normalkan, dan yang paling penting itu gak boleh ada sedikitpun indikasi penyakit jantung. 

Kamu punya tremor? Maap harus skip, berat badan teralu ringan (Khususnya untuk pekerja Direct), skip. Obesitas parah, kemungkinan besar harus skip, makanya kalau di tempat kerja kantoran biasa ya, selama kamu bisa berobat jalan ya gak masalah kan ya, tapi karena memang resikonya berbeda kalau kerja di project yang di Red Zone, makanya banyak yang gak diluluskan untuk hasil Medical Check yang beberapa aku sebut tadi.

Nah, dan lalu pastinya gak punya penyakit menular (TBC misalnya), dan harus punya stamina yang bagus, untuk yang cewek cewek juga wajib, kenapa? Soalnya ya biasanya kalau project kayak gini yang punya banyak module ngerjainnya pasti di Red Zone.

Apa itu Red Zone? Red Zone itu zona dimana kita para personnel wajib menggunakan PPE.

Apa itu PPE? PPE itu Personal Protective Equipment, simpelnya Alat-alat dan baju untuk melindungi diri, contoh yang wajib dipake di Red zone itu, Safety Helmet, Safety Glasses, Safety Shoes, Coverall (Biasanya coverall yang at least tahan percikan api, lumayan tebal dan bahan yang gak panas).

Nah balik lagi kenapa harus punya stamina bagus? Well kalau masuk ke Yard dan kerja di dalamnya, otomatis pasti lokasi jauh dari tempat transportasi, lokasi module juga kemungkinan jauh dari lokasi kantor di dalam yard (Biasanya kantor dibuat dengan Container), bahkan di tempatku, karena emang jauh banget, untuk ke toilet pun bisa menghabiskan waktu 20menit bolak balik, itu pun kalo pipisnya ngebut wakakakaka.

Next, tentang akomodasi, biasanya sesuai kebijakan Perusahaan sih, tapi kalo personnel Non Lokal cewek, ada disediain Mes, sebenernya cewek local kayak aku juga bisa ikut tinggal, tapi aku lebih memilih nge kos sendiri, soalnya aku pengen Me time juga, dan kalo ada keluargaku yang dateng dari Batam gak musti nginep di hotel dan bisa lama main di kosku. Kos di sini sekitar 500-1000K tergantung fasilitas ya. Aku pribadi ambil yang 600k/Bulan, lebih bisa dibilang rumah sih, kosong, furniture isi sendiri, tapi lumayan dapurnya luas, puas kalo mau masak, Tapi di sini air bersih bisa dibilang masih susah tapi gak sesusah dulu di tahun 2016. Sekarang air PLN udah didistribusikan kemana-mana, tapi ya tetep aja banyak yang masih pakai air tanah guys. Kalau listrik itu aku pake Token, dan transportasi aku bawa motor sendiri nyebrang dari Batam. 

Nah, apa aja sih kegiatan si pekerja di dalam Container?

Kalau load pekerjaan aku rasa hampir Sama dah seperti pekerjaan budak korporat konvensional pada umumnya, mungkin beda dikit dikit aja, dan yang paling membedakan itu lokasi kerja di Yard yang sekelilingnya itu laut, dikelilingi module, angin kencang, badai pasir, panas Terik, rasa lapar yang begitu tinggi, gak ada abang bakso, gak ada gofood, rebutan naik bus, jalan kaki kemana-mana, perubahan cuaca drastis, kesulitan buka coverall pas mau pipis.

Di sini, aku dan temenku masukin beberapa barang elektronik, kayak coffee maker, Air fryer, kulkas dan hampir tiap hari minum Iced Americano, dan kalo temenku kadang masak pake Air fryer. So yah lumayanlah buat Coffee break dan ngemil-ngemil soalnya di sini gak ada yang jual jajanan.

Kegiatan lainnya, kalo lagi sepi kerjaan, aku bakal keliling kontener dan datengin temenku di kontener lain buat ngobrol, atau nyempatin nulis blog kayak gini. Foto candid dan buat video lumayan jadi salah satu kegiatan favoritku pas lagi low kerjaan. 

Nah kalo di sini juga cewek itu ya memang minoritas, jadi ya sabar-sabar aja kalo sering di cat calling apalagi digodain, well walau belakangan udah gak ada yang terlalu berani juga gangguin soalnya ada peraturan yang ketat soal pekerja pria gak boleh melakukan hal apapun yang menyangkut pelecehan verbal maupun fisik ke cewek dan itu dijaga banget sama Main contractor di sini. Namun yang Namanya tempat kerja seperti ini ya, dimana banyak personnel yang jauh dari keluarga dan banyak cobaannya, jadi kalo jadi cewek itu kerja di project seperti ini memang harus menjaga diri banget, intinya Kembali menjaga diri dan mempertebal iman, berat woy cobaannya, tapi bagi yang pengen melenceng ya sumpah gampang banget.

Kalo aku? Gimana? Yup kalo aku ya, kalian taulah bagi para reader di sini, cewek yang suka nge game kayak aku dan senang crafting udah pasti introvert level 100/100, mulai dari coverall sebisa mungkin aku gak rombak ulang yang seperti dilakukan pekerja konvensional kebanyakan supaya terlihat fashionable, dan ya jadinya kalo dilihat sama orang-orang zaman sekarang yang suka julid pada umumnya memang coverall yang aku pakai terlihat lucu dan oversized, jujur pas awal masuk kerja ukuran coverall ku pun dijadikan drama, dan aku dikatain Anak paud lah, dsb, tapi seperti biasa ya guys, kalo kalian dihina orang nih ya, pastikan hinaan itu kalian jadikan kelebihan kalian, dan belakangan aku sendiri sedikit senang dikatain anak paud, terkesan positive vibes aja kayak anak-anak yang lebih niatan main ketimbang ngurusin urusan orang dewasa yang sebenernya gak penting banget.

Selama beberapa bulan aku membanggakan diriku menjadi anak paud dengan coverall yang oversized, gak dikit juga yang nyuruh aku tuker atau rombak, tapi ya aku anaknya rebel kan yak waakakakaka, kalo bisa beda kenapa harus sama? Gitu sih fikirku, dan beberapa bulan, ya udah sih, gak ada yang ngedramain lagi ukuran coverallku, dan karena satu coverallku hilang ya, jadi aku dapet yang baru dengan ukuran yang hampir pas dengan badanku, dan ketahuan di situ aku bukannya gak bisa tuker ato ngecilin coverallnya yak guys, intinya mau mematahkan stereotype manusia2 ini aja, Fashion itu percaya diri guys, yang penting Pe de dan sopan  sih, dan jangan pernah terpengaruh kata-kata jahat orang, hidupmu gak perlu validasi orang lho untuk hidup damai dan Bahagia, hanya karena kamu digibahin dan kamu dihina orang itu gak akan  menurunkan value mu, selama kamu apa adanya dengan hidupmu, dan gak mendikte kehidupan orang lain, aku jamin, Valuemu gak akan terpengaruh dengan kata dan validasi jahat orang lain.

Next,  lingkungan kerja di sini tuh gimana sih? Yup gak beda beda jauh dari Lingkungan kerja konvensional lain pada umumnya, Drama dan gossip mudah tersebar dimana-mana guys, KeToxic kan harus dihindari, wakakaka. Terus biasanya bakal sering didatengin client, perwakilan Maincon, tujuannya bisa tentang pekerjaan, tentang complain, atau hanya untuk ngopi-ngopi. Di Subcon tempat aku kerja ini, bisa dibilang subcon yang kantornya lumayan nyaman dibanding subcon lain. Soalnya Container kami itu beneran hampir dirombak berbentuk bangunan kantor 1 lantai, gak banyak subcon di sini yang ngerombak penuh container mereka, bahkan Maincon sendiri, kantor mereka di Red zone memang beneran container. So kebayang kan. 

Nah, untuk pergaulan di sini, yahh… Harus pinter-pinter jaga diri sih kalo kataku. Kalo kalian tipe pencari kesenangan tanpa mikirin hari akhir dan seperti terlupa bahwa  nafas kan terhenti, yaa jujur di sini kayak surga dunia.

Untuk hiburan di sini ya guys, aku dan temen-temen di sini biasa tuh kayak MengCafe doang sih, kalo ada waktu nge gym dan jogging pagi. Aku pribadi kalo memang ada waktu aku usahain jalan 30 menit sebelum mandi dan tidur, selama di sini aku hidup lebih sehat sih. Kalau memang ada waktu banyak aku nyempatin ngetik beberapa bahan blog, menggambar sambil nge chill di café, tapi kebanyakan emang di kantor sampe malem… huhu. 

Well, segini dulu kali yak, aku mau nge bacot tentang kegiatanku juga sebenernya guys, tapi mungkin di lain waktu ya, atau aku mau ngebacot tentang Game lagi, yah well let’s see ya.

Aku buat tulisan ini dengan tujuan bisa bermanfaat untuk kalian, untuk bacaan aku juga di masa depan, kalo hal-hal seperti di tulisanku ini pernah terjadi begitu adanya di hidupku, Ahahaha.

Makasih yang suka comment nanyain; “Kak Nana Kapan Update?”, “Kak Nana kegiatannya apa sekarang?”, “Kirain udah gak update” wakakaka, mantab ya kalian. Well, maap gak bisa sering update pastinya, tapi aku juga bakal singgah ke sini kok dari waktu ke waktu.

Well, semoga tulisanku bermanfaat maap kalo ada kata-kata yang gak sesuai dengan pendapat kalian, aku hanya berbagi pengalaman, kalo bisa berguna syukurlah.

Bubbye Guys, See you around.


Share:

4 komentar:

  1. pengen kerja di proyek gede kek gitu, sayang masuk nya sulit. karena tinggi badanku pas"an 165.
    posisi sekarang ikut proyek intalasi alarm. tp pengen ngembangin skill jadi welder, moga tercapai. amin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kurang tau kalo tergantung posisi atau gimana, tapi di tempatku kerja banyak cowo tingginya di bawah tinggiku dan banyak yang setinggi aku.. dan aku 160cm.....
      Amin Semoga sukses di welder gan.

      Makasih udah nyungsep ke sini.

      Hapus
  2. wah keren banget sih. udah lama ngikutin blogmu dan pas aku ngecek lagi udah ada update. sehat sehat terus ya na, selalu senang baca2 blog kegiatan sehari hari kamu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banget masih mau mapir ke sini gan. Jujur gak ekspektasi bakal masih ada yang kepleset ke sini. ^^

      Amiin, semoga yang mampir kesini bisa dapet banyak informasi, semangat plus kesehatan, Agan juga.

      Hapus