Rabu, 30 November 2022

MY JOURNAL!! 7's Study Session [한국어]


 안녕하세요~

Hari ini aku skip dulu ya bahas video games guys.
Soalnya bulan depan aku ada Final Exam untuk Kelas Bahasa korea.

Yup, aku udah pernah bilang di blog blog sebelumnya, jadi aku gak sempat main game itu bukan Karena kerja aja, tapi waktu kosongku terpakai untuk kelas Bahasa ini, dan aku juga ambil beberapa kelas untuk naikin skillku. Bayangin aja kerja fulltime, malemnya atau weekend ada kelas, hari – hari berikutnya ngerjain pe-er. huhu

Jadi aku Cuma mau share caraku untuk belajar Bakor ini, mana tau ada yang bisa terbantu juga, misalnya mulai dari buat Flash card, buat list grammar, dan sebagainyalah yang kelihatannya remeh remeh tapi vital banget. Kalau kalian ada tips dan trick yang bisa dishare, silahkan dishare ya, bakal membantu banget.

Pertama itu biasanya aku bakal buat flash card untuk hafal vocab. Tapi buatku ya, cara menghafal terbaik itu dimana kita sering menggunakan vocab itu, mau pas ngomong (말하기: malhagi) dan sering dipakai pas tugas nulis (쓰기: sseugi). Gitu juga dengan grammar (문법: munppop), biasanya aku kalo mau inget, bakal sering aku pakai pas nulis dan tetep cek-cek flash card.


Simple but satisfying

Untuk Flash Card, sebenernya di aplikasi untuk Android ada sih, aku pernah pake juga, tapi entah kenapa aku lebih memilih yang aku buat sendiri.

Karena bahan-bahannya itu simple aja. Cukup Binder Clip, Printer, List Vocab, Kertas Stiker, Pisau (Cutter), Penggaris, gunting. Itu aja sih yang biasa aku pake untuk buat Flashcard, biasa aja gak warna-warna juga sih. Mau diwarnain juga bisa sebenernya.

Aku punya juga flashcard yang berwarna, dapet dari temenku, ntar aku share deh linknya dia, bagus sih dia bikinnya, membantu banget pas Ujian Semester lalu.


Source Materi ^^

Biasanya ya bagi yang belajar Bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris, pasti kebanyakan sarannya itu sering-sering nonton filmnya, dengerin musiknya, baca buku full bahasanya, tapi ya kalo di Bahasa korea ini, menurutku kalo belajar dari film,drama dan lagu, sepertinya gak terlalu efisien guys, soalnya gak seperti bahas inggris dan Bahasa Indonesia yang satu kalimat itu satu ekspresi, di Bahasa korea satu kata dengan beberapa konjugasi, itu bisa beda maknanya, artinya dan tingkat kesopanannya. Bahkan ada Konjugasi yang mengekspresikan terkejut/kagum, jadi misal:


kata dalam bentuk dasar Hujan turun tiba-tiba (
소나기가 내리다 : Sou-na-gi-ga Ne-ri-da)
ditambah suatu konjugasi yang maknanya terkejut/kagum (-
네요 = Ne-you)
kalau digabung  jadi :
(
소나기가 내리네요.)
artinya bisa “Oh it’s suddenly raining!”
“Oh Tiba-tiba hujan turun ya!! (Ekspresi terkejut/kagum)

tapi ya pendek aja gitu kalo di Bahasa koreanya hanya kata dasar sama konjugasinya. Dan banyak yang begitu pokoknya Bahasa korea itu ekspresif sekali sih menurutku hanya dengan tuker konjugasi sama kata dasar, makna yang disampaikan bisa jadi sangat berbeda.

So kalau memang mau belajar melalui film, drama dan lagu korea bisa tapi at least seenggaknya udah taulah kata dasarnya, konjugasinya, tingkat kesopanannya, soalnya kalo nanti kalian misal ya udah jagolah ngomong karena niru dari film atau drakor, trus kalian praktekin, ntar kemungkinan besar lawan bicara kalian khususnya yang Native speaker bakal canggung, kalo kalian pake konjugasi yang salah atau pake tingkat kesopanan yang gak sesuai. Nah kalo dari lagu ya ini yang paling gak rekomen sih menurut aku soalnya kadang gak ada tingkat kesopannya, konjugasinya kadang disesuaikan sama irama gitu, jadi akhiran Aaaa~ semua Aaaa~ gitu, wakakakaka. Kalau untuk ngoleksi vocab sih, dari film drama dan lagu korea aku mah rekomendasi banget dengan catetan tetep harus tau kata dasarnya.

Persiapan aku untuk ujian Semester ini:
- Hafal Vocab
- Coba Baca gambar
- Cek Grammar yang kemungkinan bakal keluar pas ujian Speaking
- Review bareng teman-teman sekelas (Weekend)
- Hafal pe-er Nulis, mana tau bisa dipake pas ujian nanti

Aku kemaren juga ada buat flash card untuk grammar, lebih rumit lagi pasti format flashcardnya tapi pas laptopku bermasalah (biasa efek ngotak ngatik untuk experiment hehe) semua filenya hilang, dan aku lupa upload, biasanya aku rajin upload sih tapi kemaren itu asli lupa banget, so…. Harus ngulang sih ini buatnya.


Karena Binder Clip itu berbahan metal jadi bisa lengket di magnet, So aku gantung deh ^^

Well itu dulu, semoga bagi yang mau ujian next month lancar ya guys~

Makasih buat yang udah nyasar ke sini, kenapaaa kalian sering nyasaaarr~ Wakakaka.

Have a nice and productive day,
고마워~
안녕~

 Bagi yang males baca ^^


Share:

0 Attack:

Posting Komentar